Selasa, 27 Maret 2012

5 Program Terbaik Alternatif Windows Task Manager


Mungkin rekan-rekan mengalami permasalahan, seperti: PC terkesan lambat, tidak stabil, ataupun kelihatannya terinfeksi malware, maka langkah pertama untuk pemeriksaan lebih detil adalah menggunakan task manager. Akan tetapi, windows task manager bawaan OS hanya menyediakan informasi yang sangat mendasar, yang kita butuhkan adalah data secara terperinci berupa statistik detil yang terstruktur. Kita juga memerlukan sesuatu yang mempermudah kontrol untuk mendeteksi program tertentu atas penggunaan memori saat proses program sedang berjalan. Maka, sebagai alternatif atau bahkan pengganti yang lebih layak untuk penggunaan task manager, artikeltips.com akan membahas 5 program terbaik yang telah teruji dan bekerja sangat efektif pada windows operating system, kelima program ini adalah freeware yang bisa anda dapatkan secara gratis saat mendownloadnya.
1. What’s Running 3.0 – Windows 2000/ XP/ Vista/ 7
Dengan menggunakan software ini akan ditampilkan display task manager yang berupa proses yang sedang berjalan pada PC anda, cukup dengan klik pada sebuah proses kita akan dapat melihat grafik yang berguna tentang kinerja RAM terbaru, CPU dan aktifitas input/output (sangat berguna untuk mendeteksi program yang memonopoli penggunaan sumber daya).
Ketika kita tidak “mengenali” dan mengerti nama proses, klik kanan untuk melakukan “check online” untuk mendapatkan informasi lebih banyak dari proses umum yang membandingkan nama terhadap sebuah database online. Dengan fitur lainnya juga dapat melakukan pengecekan terhadap aktifitas internet, koneksi jaringan, program startup dan basic system information. Program ini bahkan menyediakan fitur snapshot untuk menyimpan semua informasi, anda bisa menetapkan snapshot awal bulan untuk dibandingkan dengan perubahan pada bulan berikutnya, tentu saja kita akan mengetahui stabilitas dari sistem.
download: www.whatsrunning.net
2. Process Explorer – Windows XP/ Vista/ 7
Program yang merupakan produksi microsoft ini lebih ringan saat digunakan karena merupakan program portable, sangat handal menanggulangi beragam permasalahan  seputar task manager. Akan tetapi tidak menyediakan terlalu banyak opsi seperti : tidak tersedianya daftar program startup, yang dikarenakan konsentrasi hanya sebatas task manager saja.
Memiliki tampilan yang berupa warna kode akan mempermudah melihat proses yang sedang berlangsung, jika kita menemukan sesuatu yang terkesan asing program ini juga menyediakan pilihan search online.
download: www.technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb896653.aspx
3. Anvir Task Manager Free – Windows XP/ Vista
Merupakan program yang kaya akan pilihan, kita dapat melihat banyaknya opsi untuk menampilkan beragam informasi, tergolong user friendly yang mudah dipergunakan untuk pemula sekalipun. Di sisi lain program ini memungkinkan anda menghentikan atau mengubah jenis driver startup, mencegah PC menjadi restart bahkan dalam keadaan safemode.
Uniknya program ini memiliki “bonus” yang berupa tweaker untuk windows, sebuah aplikasi yang memungkinkan anda mendapatkan akses mudah lebih dari 100 setting Windows tersembunyi.
download: www.anvir.com/taskmanagerfree
4. Process Hacker – Windows XP SP2/ Vista/ 7
Saat menjalankan program ini kita akan dapat melihat dengan jelas perbandingan program yang sedang berjalan karena memiliki tampilan berupa kode warna. Apabila anda mencurigai sesuatu sebagai malware, maka anda memiliki file yang akan diperiksa oleh VirusTotal.com.
Memiliki opsi yang disebut Terminator memungkinkan menutup sebuah program yang jika menggunakan task manager biasa tidak bisa ditutup. Serta fitur lainnya yang berupa tab jaringan untuk menampilkan koneksi internet, sebuah alat tersembunyi  mendeteksi proses rootkit sederhana, dan pilihan untuk memangkas kerja serangkaian proses untuk meringankan beban kerja RAM.
download: www.processhacker.sourceforge.net
5. Sistem Explorer – Windows XP / Vista / 7
Program ini menyediakan akses dalam jumlah yang menakjubkan untuk data teknis pada PC anda. Terdapat layar task manager biasa untuk  proses yang berjalan, daftar layanan dimuat dan driver, rincian modul dimuat, rincian saat membuka file, dan daftar koneksi internet terbuka, IE addons, Explorer shell extension, uninstall software dan banyak lagi.
Program ini sangat efektif  untuk mengidentifikasi proses-proses misterius. Dalam beberapa klik anda dapat mencari nama proses dalam database di ProcessLibrary.com, Google, atau mengupload file untuk pengecekan malware pada VirusTotal.com atau VirusScan.jotti.org.
download: www.systemexplorer.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

log in

SIlahkan LOG IN Dulu Jika Mau Gabung dengan BLOG ADI Di Sini


Widget by SIC 2011

komentar


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

SUPER MARIO